Pages

EDIFIKASI, TEKNIK MENINGKATKAN CITRA PEMBICARA

Edifikasi adalah memberikan ulasan yang berisi pujian atau menceritakan reputasi orang lain. Dalam konteks sebuah acara presentasi maka yang harus melakukan edifikasi adalah presenter dan MC. Pada saat akan memberikan waktu kepada presenter maka MC harus memberikan pujian atau menceritakan prestasi yang telah diraih, baik itu tentang riwayat pendidikan, pengalaman yang telah diperoleh, prestasi yang telah dicapai dan lain-lain. Setelah presenter memegang kendali/naik ke panggung maka presenter harus mengedifikasi MC dengan melakukan yang sama.
Contoh edifikasi oleh MC kepada pembicara :
1.       Yang akan mengisi materi tentang…..berikut ini adalah seorang yang luar biasa, beliau sudah berpengalaman dalam hal…… selama…tahun. Kita sambut dengan tepuk tangan yang meriah untuk bapak/ibu…..
2.       Baiklah hadirin yang kami hormati,sampailah kita dalam acara inti dan yang akan tampil berikut ini adalah bapak/ibu…. Beliau adalah seorang presenter yang sudah berpengalaman yang akan memberi kita wawasan tentang……
3.        Hadirin yang kami hormati, siapkan diri anda, siapkan konsentrasi dan pikiran anda karena yang akan tampil berikut ini adalah orang yang luar biasa, lulusan terbaik dari ….dan berpengalaman selama …dalam hal….
Contoh edifikasi presenter olah MC :
Terima kasih kepada bapak/ibu/sdr. Beliau juga orang yang luar biasa yang sudah malang-melintang selama beberapa tahun sebagai seorang MC. Tepuk tangan yang meriah untuk bapak/ibu…….
Itu adalah contoh-contoh edifikasi, anda bisa melakukannya dengan variasi kalimat yang bisa anda cari sendiri. 
Fungsi edifikasi bagi MC kepada presenter adalah :
1.       Menimbulkan image yang baik kepada presenter.
2.       Menimbulkan kesan pertama yang baik.
3.       Meningkatkan citra pembicara.
4.       Menambah kepercayaan diri presenter.
5.       Menyita perhatian audien.
Fungsi edifikasi presenter kepada MC adalah :
1.       Menimbulkan apresiasi kepada MC, karena seorang MC biasanya kurang dihormati oleh audien.
2.       Meningkatkan kepercayaan diri MC.
Demikian apa yang disebut edifikasi, contoh dan fungsinya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010. Blogger templates by Bloggermint